Selasa, 02 Januari 2018

Cara Membuat SPM UP



Cara Membuat SPM Uang Persediaan (UP) | sahabat-satker.blogspot.com – di awal tahun anggaran seperti sekarang ini, tentunya satker akan membuat SPM UP untuk membiayai kegiatan operasionalnya.

Pembuatan SPM UP dilakukan setahun sekali, dan tentunya tidak jarang satker lupa bagaimana cara membuat SPM UP.

Nah, untuk mengingatkan kembali sahabat satker berikut step by step cara membuat SPM UP sampai dengan diajukan ke KPPN setempat. Silahkan disimak!

Asumsi Saya, Sahabat Satker sudah mengeti apa itu Uang Persediaan (UP) dan sudah bisa mengoperasikan Aplikasi SAS.


Jika belum, silahkan baca artikel berikut ini :

Syarat Pengajuan SPM UP (in progres)
Tutorial Aplikasi SAS (in progres)

Oke, langsung saja kita masuk step-step nya :


1. Silahkan Login ke Aplikasi SAS gunakan level PPK (Modul SPP).
2. Pilih menu SPP » RUH SPP, lalu pilih Rekam
3. Isi SPP UP dengan data sebagai berikut :
  • Jenis SPM : 10 Dana UP (UYHD)
  • Cara Bayar : 2 Giro Bank
  • Fungsi, Sub Fungsi, Program : 00 00 00 (terisi otomatis)
  • Kegiatan, Output : 0000 00 (terisi otomatis)
  • Jenis Pembayaran : 4 Pengeluaran Anggaran
  • Sifat Pembayaran : 1 Dana Uang Persediaan (DU)
  • Jenis Belanja : 82 (Pengeluaran Non Anggaran)
Contoh pengisian SPM UP
4. Silahkan isi jumlah pengeluaran sesuai dengan jumlah UP yang akan dimintakan. Jika sudah, klik tombol supplier dan pilih Kode Bend : 00001-0001-0001; namun jika belum punya referensi suppler, lakukan pengambilan data supplier dari tahun sebelumnya.
Belum tahu caranya? Silahkan lihat disini :

Cara Mengambil Data Supplier Tahun Sebelumnya Pada Aplikasi SAS (in progres)

5. Pada isian Untuk » Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni / PNBP Satker….. (terisi secara otomatis), kemudian pilih Kembali

6. Lanjutkan dengan klik pada tombol Akun. Isi 825111 » UP Rupiah Murni, 825113 » UP PNBP (terisi secara otomatis). Kemudian pilih Kembali » Simpan
Sampai pada tahap ini, perekaman SPP telah selesai. 

7. Langkah selanjutnya adalah mencetak SPP dari menu SPP » Cetak SPP

8. Jika Modul SPP dan Modul SPM database-nya terpisah, maka operator SPP harus mengirimkan ADK SPP ke Operator SPM dari menu SPP » Transfer ADK SPP. ADK inilah nantinya yang diberikan kepada operator SPM untuk diterima dan dicatat pada Aplikasi SAS Modul SPM pada menu SPM » Terima ADK SPP

9. Login ke Aplikasi SAS dengan user PPSPM, kemudian pilih menu SPM » Catat, Batal, Hapus SPM. Kemudian Catat SPM » isi tanggal SPP » Pilih » Simpan
 
10. Selanjutnya adalah mengirim ADK SPM ke PPSPM untuk diinject PIN. Pada menu Utility » Transfer SPM ke KPPN. Setelah ADK diinject PIN, kemudian satker membawa ADK SPM tersebut ke KPPN beserta lampirannya.

Oke, Semoga artikel cara membuat SPM UP ini bermanfaat. Mohon bantuannya SHARE agar lebih bermanfaat untuk sahabat satker yang lain. Terima kasih.

2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus

Assalamualaikum sahabat satker Semua, terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar disini jika ingin ada yang ditanyakan. Terima kasih